Kamis, 10 Februari 2011

HAFAL QURAN

Nikmat Al-Qur`an merupakan karunia dan anugerah paling agung yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. Manusia yang tidak mempunyai respon terhadap firman Allah, tidak pula memenuhi seruan-Nya, seolah makhluk yang belum pernah terlahir di muka bumi ini. Pada dirinya tak ada kehidupan.

“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada apa yang memberi kehidupan kepada kamu.” (Al-Anfâl: 24).Secara lebih khusus, nikmat yang sangat besar dikaruniakan kepada sekelompok hamba-Nya yang bukan saja beriman, namun juga menghafal Al-Qur’an. Allah sangat meninggikan derajat serta melipatgandakan pahala mereka. Selain itu, Allah memerintahkan kaum beriman untuk memuliakan dan memprioritaskan mereka dibandingkan yang lain. Setidaknya, hadits Nabi mengisyaratkannya: “Sesungguhnya Allah akan meninggikan (derajat) suatu kaum dengan Al-Qur’an ini, dan dengannya pula Dia akan merendahkan (derajat) kaum yang lain.” [HR Muslim]

Buku ini berusaha mengeksplorasi faktor-faktor penting yang bisa membantu untuk merealisasikan tugas suci dan cita-cita agung menghafal Al-Qur’an. Ditulis oleh dua pakar yang memiliki latar belakang yang berbeda. Dr Abdurrahman Abdul Khaliq adalah doktor di bidang syariah lulusan Universitas Islam Madinah. Sedangkan Dr. Raghib As-Sirjani adalah doktor di bidang medis lulusan Amerika. Kesibukan studi dan berdakwah tidak menghalangi dari menghafal Al-Qur’an 30 juz. Bahkan, keduanya masih sempat membagi kiat suksesnya dalam buku ini.

Apa saja resepnya? Jawabannya ada di buku ini. Selamat menghafal!

Daftar Isi : (1) Bagaimana menghayati Al-Qur’anul Karim, (a) wajib mempelajari bahasa Arab, (b) mengkaji sirah Rasulullah, (c) berusaha memahami tafsir Al-Qur’an, (d) Totalitas dalam belajar dan mengamalkan Al-Qur’an, (2) Teknis dan aplikasi praktis menghafal Al-Qur’an, (a) menghafal Al-Qur’an adalah mukjizat, (b) kaidah pokok dalam menghafal Al-Qur’an, (c) kaidah pendukung dalam menghafal Al-Qur’an, (d) kaidah-kaidah emas dalam menghafalkan Al-Qur’anul Karim.
Kaidah pokok dalam menghafal Al-Qur’an.

Kaidah 1 : Ikhlas

Kaidah 2 : Tekad yang kuat dan bulat

Kaidah 3 : Pahamilah besarnya nilai amalan anda

Kaidah 4 : Amalkan apa yang anda hafalkan

Kaidah 5 : Membentengi diri dari jerat-jerat dosa

Kaidah 6 : Berdoalah!

Kaidah 7 : Pahamilah makna ayat dengan benar

Kaidah 8 : Menguasai ilmu tajwid

Kaidah 9 : Sering mengulang-ulang bacaan

Kaidah 10 : Melakukan shalat secara khusyuk dengan ayat-ayat (surah) yang dihafal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar